Senin, 11 Mei 2009

REVIEW: GOKIL DAD


Judul Buku: GOKIL DAD – Diarinya Bapak Keren
Genre: Buku Gokil
Penulis : Iwok  Abqary
Penerbit : Gradien Mediatama
Tebel : 160 hal
Terbit : 2009
Harga : Rp. 25 rebu

Resensi Gw, Cara Gw!
Yaa..sebagaimana judulnya, “Gokil Dad”, maka tentu saja buku ini isinya bercerita tentang kegokilan seorang..pembokat.
Dasar katarak! Seorang ayah, dodol! -Iwok

Cukup banyak kelakukan-kelakuan dodol Kang Iwok sebagai seorang “Dad” yang diangkat dalam buku ini. Dari mule kasus salah ngadzanin bayi; Cerita tentang sosok “kang Dudung”..sosok dewa setengah monyet; Kisah Kang Iwok yang mengidap penyakit jurig-phobia aneh..karena takut hantu tapi ko hobinya malah nulis buku horor, udah gitu punya rumah deket kuburan pula; Trus juga kelakuan miring sosok laki-laki yang punya kebiasaan yang ga biasa dilakukan oleh manusia normal manapun di dunia ini..handukan pake keset.

Semua kegokilan yang Kang Iwok ceritain di buku ini ga lepas dari sosok Abith, seorang gadis kecil mungil, anak pertamanya Kang Iwok. Dengan keberadaan Abithlah justru muncul peristiwa-peristiwa gokil dalam kehidupan Kang Iwok. Keluguan Abith sebagai seorang anak ternyata telah memberi efek samping yang sangat menentukan terhadap perkembangan kepribadian sang ayah. Bikin sang ayah menjadi sedikit gila.
Pengen tau seberapa besar efek Abith terhadap kegilaan ayahnya itu?! Coba liat di halaman 32..yang dialognya udah gw ringkes berikut ini;
Abith: ayah, itu apa? *nunjuk gajah*
Kang Iwok: oh, itu namanya gajah
Abith: mana ayahnya?
Kang Iwok: ayahnya kan lagi kerja..
Abith: mana ibunya?
Kang Iwok: hmm..ibunya kan lagi ke pasar
Bushetthh deh! Sejak kapan gajah kerja dan suka belanja ke pasar!?
Tapi untungnya yang jadi ayah Abith bukan gw. Coba kalo gw..
Abith: ayah, itu apa? *nunjuk gajah*
Gw: oh, itu namanya onta
Abith: mana ayahnya?
Gw: ayahnya kan lagi pergi ke Mak Erot..
Abith: mana ibunya?
Gw: hmm..ibunya kan lagi selingkuh sama kadal..


Peran Teh Iren sebagai isterinya juga ga kalah penting dalam menjadikan sosok Kang Iwok yang gokil. Seperti kegokilan Kang Iwok sebagai seorang figur ayah dan suami yang takut hantu, seperti ceritanya di halaman 70 . Yaitu bagaimana serunya ketika ternyata rumah pemberian orang tua Teh Iren itu berhasil merubah sosok Kang Iwok yang asalnya takut hantu menjadi..lebih takut hantu.
Orang yang takut hantu malah dikasih rumah di deket kuburan!? Mampus.

Sosok sang isteri ini pun berhasil menyulap Kang Iwok menjadi seorang laki-laki pemberani..berani beli pembalut, seperti yang diceritain di halaman 100.

Kegokilan-kegokilan seperti yang dialaminya itu tentu saja ga bakal terjadi bila isterinya Kang Iwok itu adalah Luna Maya.
Lagian Luna Mayanya juga ga mau sama Kang Iwok. Soalnya kata Luna Maya, dia lebih cocok dengan gw.
Kang Iwok: cocok jadi suaminya?
Gw: bukan. Cocok jadi pembokatnya.


Lantas, apalagi kegokilan-kegokilan Kang Iwok yang diangkat dalam buku ini?
Masih banyak sodarah-sodarah. Ada sekitar 33 cerita gokil. Kalo gw bocorin semua disini, jadi ga seru dong ntar bacanya. Yang lebih penting lagi, kalo gw bocorin semua, ntar gw digampar Kang Iwok pake cireng. Jadi lebih baek lu baca aja sendiri lebih lengkapnya di buku ini. Okeh.

Komentar Gw, Gimana Gw!
Perlu sodarah-sodarah ketahui, bahwa Buku Gokil Dad ini diterbitin dalam rangka mendukung program sabun Lifebuoy yang sedang gencar mengkampanyekan “Super Dad”
Dasar sotoy! Buku Gokil Dad ini diterbitin untuk jadi soulmatenya buku Gokil Mom, tau! -Gradien

Awalnya gw sempet bertanya-tanya, memangnya kelakuan seorang ayah bisa gokil juga gitu?!
Ternyata bisa. Sangat bisa banget. Apalagi bagi seorang Kang Iwok, sosok seorang ayah beranak dua beristri satu..satu di Tasik, satu di Bandung, dan satu di Garut.
Ampun, Kang! -Gw

Gw menduga, kegokilan-kegokilan Kang Iwok sebagai seorang ayah, itu adalah hukum karma..hukum karma akibat kesalahan Kang Iwok yang telah berbuat tidak senonoh, mengadzani Abith di telinga kirinya sewaktu Abith baru lahir.
Atow jangan-jangan, malah itu disebabkan karena kualat, akibat Kang Iwok sering buangin popok Abith?! Entahlah..

Cerita favorit gw di buku itu adalah cerita ke-25, yang “Jadi Bujangan Lagi”. Soalnya disana Kang Iwok cerita tentang sisi lain kehidupan seorang ayah dan suami ketika jauh dari keluarga, yang bagi gw itulah kehidupan sesungguhnya dari seorang laki-laki. Bujangan. Dan selalu bujangan, walowpun udah punya isteri dan anak selusin juga.
Awas tuh Teh Iren, di luaran Kang Iwok suka ngaku bujangan! Hehe..

Ada beberapa catetan tambahan buat buku Gokil Dad ini.
Pertama, di buku itu gw sebenernya nunggu-nunggu cerita tentang kegokilan Kang Iwok bareng dengan Rayya. Tapi, ternyata yang ditunggu-tunggu ko ga ada. Bahkan sampe buku ini gw baca abis, cerita tentang Rayya ga muncul juga. Padahal gw penasaran banget tuh, gimana gokilnya Kang Iwok kalo ngadepin bayi laki-laki, seperti Rayya itu.
Atow, jangan-jangan ceritanya sengaja disembunyiin, karena Rayya lebih membuat Kang Iwok makin gokil parah.
Rayya: ayah, yang di bawah puser ini apaan sih?
Kang Iwok: ooh, itu namanya cacing, Nak
Rayya: cacingnya boleh dikasih makan lebah ga?
Kang Iwok: hussh! Jangan. Nanti cacingnya mati.
Rayya: kasihan ayah, dari kemaren belom dikasih makan. Nanti kan mati?
Kang Iwok: ya udah. Kasih makan semut merah aja..

Kedua, kayaknya covernya kurang gokil tuh. Terlalu “manis” untuk ukuran buku segokil ini. Kurang mencerminkan kegokilan seorang “Dad”. Bagusnya sih, gambar covernya dibikin lebih gokil lagi. Misalnya pake gambar karikatur Kang Iwok yang lagi nelen popok.
Gambar gw lagi jilatin popok aja sekalian.Puas! Puas! –Kang Iwok

Ketiga, ada beberapa cerita yang walowpun gokil, tapi kayaknya lebih baek dibikin di buku seri berikutnya deh, jangan dimasukin di Gokil Dad ini. Seperti cerita ke-21 “Ternyata Handuk Itu”, cerita ke-22 “Salah Sambung Rese, dan 4 cerita terakhir. Soalnya ceritanya lebih menonjolkan kegokilan Kang Iwok sebagai seorang pribadi, bukan seorang “Dad”.
Nah, berarti ini tambahan ide buat Kang Iwok untuk bikin buku gokil berikutnya. Hehe..lumayan tuh ;)
Ditunggu yaa..jangan sampe ga dibikin, loh, Kang. Soalnya gw penasaran banget, seperti apa kegokilan-kegokilan Kang Iwok sebagai seorang pribadi.

Sukses ya..

8 komentar:

  1. Wakakakakak ... suer, resensinya lebih lucu daripada bukunya sendiri! Hahaha ... pengakuan jujur nih.

    Tengkyu Gar, betapa hari ini dikau sudah menghancurluluhkan harga diriku menjadi lebih parah!! Hahaha ... buruan kawin atuh, biar bikin buku tandingan. Jangan kira dirimu bakalan lempeng2 aja kalo udah jadi dad!!

    *glek. utang resensi gw belum ya Gar. masih riweuh yeuh -- sok sibuk biar gaya*

    BalasHapus
  2. Satu lagi keanehan sosok Kang Iwok sebagai seorang jurig-phobia..selain doyan nulis buku horor dan punya rumah di samping kuburan, yaitu punya keahlian menerawang ke alam gaib. Buktinya, Kang Iwok tau kalo gw ini belom kawin. Bushetth deh! Jadi ketauan deh gw belom laku!
    Emaaaak! Hayang kawiiiiiiiin!!!

    BalasHapus
  3. ini repiu tentang situasi perpolitikan negeri kita yang paling dodol. peta koalisi dibeberkan dengan telanjang dada tiada malu. juga terlihat jelas komposisi capres-cawapres yang ditawarkan secara gamblang. Sip deh pokok'e. LANJUTKAN!!!

    BalasHapus
  4. Busheeethh deh! Ini ripiuw tentang Gokil Dad, tau!! Artinya ini ripiuw tentang kesehatan ibu hamil dan menyusui!
    Ya sudah, LANJUTKAN (kataraknya)!!!

    Hehe..eniwey, tengkyu 'anonim' udah mampir ke tempat lokalisasi gw. ;)

    BalasHapus
  5. ei.. kang iwok n jabogar pisan
    eh, ak ud beli bukunya loh,, ud lammaaa banget..
    luchu banget, terbitin buku lagi ea..

    BalasHapus
  6. hihihi

    dosa gw bertambah ne lom bca Playboy ASoy...
    abis ngebayangin muka playboy lo dari kata pembuka na bikin gw dah muntah duluan....


    gmn dung...
    hihihihi

    BalasHapus
  7. Vis, dosa lo akan semakin bertambah lagi kalo muntahan lo jatoh di atas buku gw yang Playboy Asoy. Camkan itu.
    Jadi gimana dong??
    Yaa..cepetan beli makanya! Dan siapin tisu. Minimal kesetan. Jaga2 kalo lo beneran muntah.
    Hehe..
    Vis, tengkyu banget lu dah mampir ke sini. Blog lu mana neeeeh?

    BalasHapus
  8. bang iwokk
    buku2nya msh ad di gramet ga ya???
    lama ga apel ke tuku buku
    kangen dgn bukunya bang iwookkk..
    mkshh salam dari sidoarjo
    cayooo

    BalasHapus