Selasa, 21 April 2009

GRADIEN ULTAH???????!!!!! - Part 2 -

...lanjutan...

Gradien adalah rendezvous

Sejujurnya, gw kenal Gradien udah begitu lama. Jauh sebelom buku pertama gw yang Romeo & Toilet itu terbit.
Gradien: Memangnya, kapan pertama kali kenal Gradien?
Gw: 10 taun yang lalu..
Gradien: Dasar katarak! Ultahnya baru yang ke-5, dodol!

Ya. Sebetulnya gw udah lama memendam hasrat menyimpan rasa terhadap Gradien. Bahkan jauh sebelom gw jadian sama Luna Maya (isuk..mun teu hujan).
Hasrat dan rasa itu muncul sejak pertama kali gw ngeliat sebuah buku aneh di Gramedia. Dan ketika gw baca isinya..gw senyum2 sendiri karena isinya begitu aneh bin gokil a.k.a gendeng. Sesekali gw ketawa ngakak. Pengennya sih sampe jumpalitan juga, cuman gw inget, saat itu bukan jadwal konser doger monyet gw.

Gw ga begitu inget apa judul buku yang gw baca itu. Mungkin karena gw keburu ditangkep satpam, karena gerak-geriknya dianggap mencurigakan; senyum2 sendiri, ketawa-ketiwi ga jelas, sambil ngesot2 di lante. Tapi, walowpun judul bukunya gw ga inget, gw masih inget nama penerbitnya. Bahkan sempet gw save di hape jadul gw..Siemens C45. Nama penerbit itu adalah; Gradien Mediatama.

Buku yang gw baca tersebut ternyata menginspirasi gw untuk bikin buku yang sejenis, mengingat idup gw pun ga jauh beda dengan apa yang ditulis dalam buku tersebut; sama2 Gendeng. Dan keinginan gw saat itu cukup menggebu2, yang intinya; Gw pengen punya tulisan yang diterbitin Gradien. Wajib!

Tapi sayang seribu sayang, keinginan gw itu harus terkubur begitu saja karena kesibukan gw. Lebih tepatnya kesibukan temen2 sekantor gw. Gw sih ngikut sibuk aja, biar ga dibilang makan gaji buta.
Keinginan menulis tersebut semakin dalam terkubur ketika hape Siemens gw meninggal dunia, akibat serangan jantung..setelah nyemplung ke kloset. Otomatis, nama Gradien pun ikut terkubur jauh dari ingetan gw. Bahkan ilang sama sekali.

Namun, dasar emang jodoh, karena kira2 setaun setelah gw baca buku aneh tersebut di Gramedia, akhirnya Tuhan mempertemukan gw lagi dengan Gradien, lewat seorang temen yang bantuin gw masukin naskah ke penerbit. Saat itu gw sendiri ga kepikiran sedikit pun untuk masukin naskah ke Gradien. 100% ga kepikiran. Getot..alias gelap total.
1#
Temen gw: Coy! Naskah lu keterima!
Gw: Yes! Dimana?
Temen gw: Di Majalah Trubus!
Gw: …!!! *lempar dia pake kaktus*

2#
Temen gw: Bro! Naskah lu ada yang mau!
Gw: Sumpeh lo!? Siapa?
Temen gw: Andrea Hirata!
Gw: …!!! *tabok dia pake buku Laskar Pelangi*

3#
Temen gw: Man! Naskah lu masuk!
Gw: Yang bo’ong lu!? Penerbit mana?
Temen gw: Gradien!
Gw: …!!! *gampar dia pake duit seratus ribuan*

...alhamdulillah, akhirnya keinginan gw tercapai.

...tu bi kontinyu deui yeuh...

2 komentar: