Senin, 05 Januari 2009

TIKIL

Judul Buku: TIKIL – Titipan Kilat; Kami Antar, Kami Nyasar

Genre: Komedi Cinta

Penulis : Iwok Abqary

Penerbit : Gagas Media

Tebel : 203 hal

Terbit : akhir 2008-an, gw dapetnya bulan november.

Harga : Rp. 25 rebu, diskon 80% klo beli langsung ke Kang Iwok.

*gw: ngibrit*


Resensi gw, cara gw!


Ni buku intinya nyeritain tentang sesosok seekor seorang se‘upil’ perusahaan jasa kiriman kilat bernama TIKIL, yang ada di Tasikmalaya. Ceritanya, TIKIL sedang berada dalam kondisi sekarat. Lebih tepatnya duabelaskarat, mengingat parahnya kondisi perusahaan TIKIL. Gimana perusahaan ga jadi parah coba, kalo resepsionisnya aja kaya si Lilis, cewe manis ceriwis bau amis “tanpa Es” yang amat sangat terbosesi sekali dengan Adjie Massaid, sampe-sampe Bowo, sang sopir angkot pun dia uber-uber juga, gara-gara mukanya mirip Adjie Massaid.


Itu baru resepsionisnya. Belom kurirnya, Dasep dan Mang Dirman, yang kelakuannya ga jauh beda dengan Lilis, eror akut. Dasep, sang pembalap gatot itu, kerjaannya cuman dua, NABRAK atow DITABRAK. Ga ada yang laen. Sementara Mang Dirman, udah tua, bangka lagi, dan ga tau diri pula, karena mau-maunya jadi kurir, nganter-nganterin paket kiriman hanya dengan pake sepeda ontel. Ga heran kalo perusahaan ngasih tunjangan bulanan sama Mang Dirman berupa sebotol balsem gosok cap kaki gajah. Tentunya itu demi kelangsungan nyawanya. Lebih tepatnya demi kelangsungan kaki dan betisnya, supaya ga pecah.


TIKIL makin parah aja kondisinya dengan kehadiran Kusmin, sosok cleaning service titisan roh Jet Li (ngakunya), yang selalu terpanggil jiwanya setiap ngedenger sirine mobil pemadam kebakaran. Setiap denger sirinenya, bawaannya; lempar sapu, ganti seragam, dan lari ngibrit menuju mobil pemadam kebakaran, jadi pemadam kebakaran jadi-jadian.


Nah, dengan kondisi karyawan TIKIL yang pada aneh dan eror gitu, mana ada coba pimpinan yang bisa majuin perusahaan?! Jangankan bikin maju, untuk sekedar bertahan idup tanpa serangan jantung dan stroke aja untuk ukuran TIKIL kayaknya udah terbilang untung deh. Termasuk Pak Pri, pimpinan baru yang gantiin Pak Saleh yang mundur akibat stres ngurusin karyawan TIKIL yang pada eror itu. Walowpun Pak Pri relatif masih bisa bertahan dibanding Pak Saleh, tapi teteup aja dia harus ngerasain juga gimana rasanya stres berat ngadepin orang-orang eror kaya Lilis, Dasep, Mang Dirman, dan Kusmin. Saking stresnya, Pak Pri sampe melarikan diri menjadi seorang koki jadi-jadian. Dan mau ga mau, karyawannya-lah yang jadi korban, karena tiap hari mereka harus kejang-kejang meregang nyawa di toilet. Ralat, meregang perut, alias mencret. Mampus lu! Makan tuh gule rasa serbet!


Gimana akhir cerita dari buku Kang Iwok ini? Apakah Pak Pri berhasil menyelamatkan TIKIL supaya ga jadi ditutup oleh kantor pusat? Gimana akhir dari pengejaran Lilis terhadap Bowo, eh Adjie Massaid itu? Apakah ambisi Dasep kesampean untuk menggeser posisi Ananda Mikola sebagai pembalap nasional? Apakah Mang Dirman selamat sampe akhir hayat tanpa kaki dan betis pecah? Dan, apakah Kusmin terus merasa diri selalu kesurupan roh Jet Li tiap pagi?


Jawabannya; lu musti baca buku ini sampe tamat. Ga ada cara laen.



Komentar gw, gimana gw!


Kalo lu pikir nama TIKIL yang jadi judul buku ini diambil dari nama pembawa acaranya “Bukan Empat Mata” TransTV, maka lu jelas-jelas lemot, karena itu TUKUL bukan TIKIL. Nama TIKIL di buku ini sebenernya diambil dari nama salah satu jenis makanan sop yang sangat lezat; SOP DAGING TIKIL.

Itu kikil, bego!


Dari sejak pertama kali gw ngeliat covernya di blog kang Iwok, gw udah penasaran abis, kaya gimana sih rasanya SOP BUKU TIKIL bikinan kang Iwok itu, mengingat secara pribadi gw merasa selalu tertinggal dengan ide-idenya kang Iwok dalam hal pleset-memplesetin sesuatu.

Dan setelah gw baca bukunya sampe tamat, gw baru nyadar, skill dan imaginasi menulis gw pun ternyata tertinggal juga di belakang kang Iwok. Sial.

Makanya, setelah beres baca bukunya, gw langsung nge-sms kang Iwok; “TIKIL GOKIIIL!”.


Gw suka banget ide dasar dari buku ini, unik dan ga biasa, yaitu ngangkat cerita tentang upaya sebuah perusahaan jasa kiriman kilat bernama TIKIL yang mencoba menyelamatkan diri dari kebangkrutan. Ide dasar ini kemudian diwarnain sama kang Iwok dengan warna-warni cerita cinta Lilis sama Adjie Massaid jadi-jadian yang jenaka. Dalam hal ini Kang Iwok sudah tepat mengangkat cerita komedi cinta mereka berdua, supaya pas dengan stempel ‘buku komedi cinta’ di cover depannya. Kalo kang Iwok malah cerita tentang pertarungan sengit antara Kusmin dengan Jet Li di atas komedi putar, maka tentu saja stempel itu harus dihapus, ganti jadi ‘buku komedi putar’.


Artist of the month di dalam buku TIKIL itu menurut gw adalah si Lilis. Ni cewe satu kayaknya ceriwis banget deh. Keliatan banget dari sejak halaman pertama. Gw suka karakternya. Centil, agresif, dan pinter ngomong. Di otak gw, visualisasi Lilis kayaknya mirip-mirip Peggy Melati Sukma deh. Bener ga sih kang?


Pak Pri bagi gw adalah orang kedua setelah Lilis yang jadi tokoh favorit gw. Walow pun gw sendiri ngarepnya Bowo yang ada di posisi itu, mengingat dia yang jadi pasangannya Lilis. Jadi nantinya hubungan spesial Lilis dan “Adjie Massaid” itu bisa dieksplor lagi lebih dramatis. Bahkan supaya jauh lebih dramatis lagi, nama Bowo itu diganti aja, jadi Jabogar (ngarep). Namanya juga usaha kang..pengen ikut ngetop.


Well, trully, gw mesti kasih catatan khusus buat Pak Pri ini, mengingat ada satu kemiripan antara Pak Pri dengan gw, yaitu hobi masak gule kambing rasa serbet.

Engga deng, cuman mirip di hobi masaknya doang ko. Gw sih kalo masak ga pernah sampe kejadian serbet nyemplung ke dalem gule. Paling sendal jepit yang nyemplung.

Cerita Pak Pri itu jadi ngingetin gw sama ceritanya temen gw. Ini kisah nyata, hadirin. Jadi ceritanya adalah ketika dia dateng ke resepsi pernikahan temennya. Di perjalanan pulang, dia ngobrol bareng temennya.

Temennya: coy, lu tadi di resepsi, makan gule ga?

Dia: emang kenapa gitu?

Temennya: tadi pas gw dan bini ngambil gule, tiba-tiba dari dalem tas bini gw jatoh popoknya anak gw, dan nyemplung ke dalem gule.

Dia: arrgh!

Temennya: padahal popoknya ‘berisi’ pup anak gw, belom sempet gw buang.

Dia: arrrggh!!

Temennya: trus popoknya gw ambil lagi dari dalem gule

Dia: arrrgghh!!!

Temennya: trus gw dan bini buru-buru ngibrit dari sana

Dia: arrrgghhhh!!!

Temennya: untungnya ga ada yang liat

Dia: arrrrggggghhh!!!


Mampus lu! Makan tuh gule!


Okeh, kembali ke komentar gw.

Sepanjang baca buku TIKIL, mulut gw ga henti-hentinya tersenyum, sesekali ketawa, karena ngeliat dialog antar tokohnya yang lucu dan lugu. Kocak juga nih buku! Cuman pas nyampe halaman 172 otak gw ngedadak nge-heng, karena alur ceritanya jadi ‘aneh’. Padahal ceritanya lagi seru-serunya tuh, gw udah hanyut dalam ceritanya. Liat aja nih kutipannya;

“…Kantor TIKIL tampak lengang. Dasep dan kawan-kawan sedang bertugas di lapangan, sementara pak Pri entak kenapa asyik menyendiri di ruang kosong, sebelah ruangannya. Tadi siang, istrinya akan menanyakan apa maksud perkataan Kang Adjie di warung bakso Mang Kiman!...dst”


Di titik ini gw mikir aga lama, kok ceritanya loncat gitu ya?! Gw bertanya-tanya, sebenernya ini otak gw yang nge-heng atow kang Iwok yang lagi berhalusinasi, sampe-sampe bikin cerita yang ga nyambung gitu?!

Akhirnya ketemu juga jawabannya. Ternyata otak gw ga nge-heng. Kang Iwok pun ga berhalusinasi. Yang eror justru Gagas Media-nya, karena telah bikin buku yang halamannya loncat-loncat, dari halaman 172 loncat ke halaman 175.

Gw pikir itu adalah ‘loncatan’ satu-satunya, taunya sampe cerita di buku itu berakhir sebelom bab ending, sampe halaman 193, Gagas bikin gw ikut ‘loncat-loncat’. Sial.

Padahal itu adalah 10 halaman yang paling menentukan bagi gw, karena itu adalah saat-saat gw sedang ada di puncak emosi, dimana tenggorokkan gw tercekat dan mata gw mule aga berkaca-kaca.

Kang Iwok: sedih karena baca ceritanya ya?!

Jabogar: kelilipan bakiak kang..


Yap, bagi gw di halaman itulah ending ceritanya. Tapi bukan berarti bab ending yang sesungguhnya di halaman 195 udah ga penting lagi. Itu teteup penting, karena gw juga nunggu-nunggu gimana sih nasib si Lilis dengan “Adjie Massaid”-nya itu. Tapi, berhubung gw udah jatuh cinta dari sejak awal sama ide dasar kang Iwok yang mengangkat tentang kondisi TIKIL yang mau bangkrut, maka urutan pertama yang gw tunggu-tunggu endingnya adalah; gimana akhirnya nasib TIKIL? Ditutupkah? Atow malah mati terlibas kompetitornya, OPS – Ojek Parcel Service!? Lebih-lebih dengan munculnya tokoh macem Pak Pri, terus terang kang Iwok udah bikin gw hanyut secara emosi, menanti-nanti gimana sikap seorang pemimpin seperti Pak Pri membawa TIKIL dari jurang kebangkrutan. Dan endingnya bener-bener mengejutkan. Bener-bener ga gw duga. Sumpah.

Di titik inilah yang mendorong gw untuk menambah lagi isi sms gw diawal tadi dengan ungkapan; “…SO INSPIRING!”


Paling yang aneh adalah, ko bisa ya rencana Pak Pri itu ga terdeteksi oleh seorang pun dari karyawan TIKIL?! Biasanya kan karyawan doyan ngegosip tuh. Telinganya sangat sensi tuh untuk hal-hal yang baru. Apalagi kantor baru itu tempatnya tepat di sebelah kantor TIKIL. Gw sih ngarepnya, kang Iwok cerita juga tentang karyawan TIKIL yang bergosip ria tentang desas-desus kantor baru di sebelah TIKIL itu. Biar tambah seru.


Well, apapun itu, trully, gw suka banget ending dari perusahaan TIKIL ini. Penuh kejutan dan ga terduga.


Diantos ah buku berikutnya, kang Iwok!

9 komentar:

  1. Halo Jabogar.., duh, How should I call you, atuh?

    Thanks ya dah mampir di blog gue..

    Cheerz..

    -Eviwidi-

    BalasHapus
  2. Halo juga Ev..
    Pengennya si dipanggil Brad Pitt, tapi..ya sudahlah panggil aja David Bechkam..

    Makasih jg udah meninggalkan jejak disini ;)

    Salam kenal ya..

    BalasHapus
  3. Hureeeee ... hureeeeeeee ... teretetettttttttttt ... niup terompet kayak tahun baruan.
    Gila, reviewnya lebih gokil dari bukunya sendiri! Hahaha .. edan, niat pisan yeuh bikin resensi. panjang buanget Gar? Pasti sampe bela-belain bertapa di puncak Gunung Agung ya (sambil milih buku-buku. hehehe)
    Nuhun ah, izin di copas ke MP ku ya? biar yang lain pada ikut ngakak baca komentarnya. hahaha

    Buku selanjutnya? tunggu tanggal mainnya. :D

    BalasHapus
  4. Yap, persis sprti sms sy ke kang Iwok tea gening; utk ngeriview TIKIL kayaknya sy msti tapa dulu nyari wangsit di puncak gunung..agung. ;)
    Boleh2..disini bebas copas, ga ada hak cipta, paling hak dibayar aja sih ;p

    Oke siap, diantos info buku2 terbarunya..
    Sukses kang..

    BalasHapus
  5. akang...
    keren banget reviewnya...
    emang jagoan, bodorna. hehehe.

    mau berguru aahhh...
    salam kenal kang...

    ^___^

    BalasHapus
  6. Alhmdlh..nuhun pami katampi mah, eta nu dipiharep. Tpi klo sampe mo berguru ke saya mah jangan deh ya, saya belom punya SIM soalnya.
    Nisa mo blajar nyetir kan?!
    Salam kenal juga deh buat Nisa (yang) Cakep..
    Ehem..(jabogar pedekate)

    BalasHapus
  7. resita: iya nih, Tikil emang gokil.ngedit Tikil jadi seru karena diselingi dengan senyum2 :)

    BalasHapus
  8. Weisss..editor TIKIL sempet2nya berkujung ke tempat lokalisasi gw ;p
    Terima tengkyu Resita..ayo! kembali ngedit lagi sana! ;p
    Btw, salam ya sama Brudax Gagas di Montong sana..dah lama neh ga ktmu Mas Hikmat.

    BalasHapus
  9. sebenernya qw da lama banget naya yang satu ini
    " kenapa sih dalam buku play boy asoy" selalu menggunakan kata2 kolor....????

    ada apa dengan
    ' kolor" hehehhehehheh

    BalasHapus